1. Forum
  2. >
  3. Topik: English
  4. >
  5. "Makanlah ikan kapanpun kamu …

"Makanlah ikan kapanpun kamu mau."

Terjemahan:Eat fish whenever you want.

April 15, 2016

10 Komentar


gholastha

Bahasa Indonesia: Makanlah ikan kapanpun kamu mau.

Bahasa Inggris: Eat "the" fish whenever you want.

Studi Kasus: Saya sengaja menambahkan kata "the" untuk mencoba mengekspresikan akhiran "lah" yang terdapat pada kata "Makanlah". Hal ini saya lakukan sebagai sebuah penelitian pribadi. Dan ternyata sistem menyatakan bahwa itu salah.

Berikut ini saya coba menjelaskan bagaimana penggunaan akhiran "lah" dalam bahasa Indonesia:

Kata "lah" dalam bahasa indonesia biasanya digunakan untuk menerangkan suatu "penekanan" agar pendengar dapat mengetahui Pesan atau Makna yang Tersirat pada kalimat tersebut.

Contoh Kalimat: 1. Makan(lah) ikan kapanpun kamu mau. 2. Ucapkan(lah) kalimat dengan jelas dan lugas.

Pesan atau Makna Tersirat: 1. Jika kamu menginginkannya, maka kamu boleh memakan ikan kapanpun kamu mau. 2. Bila berbicara, sebaiknya kita menggunakan kalimat yang jelas dan lugas.

Pertanyaan: Bagaimana mengekspresikan kata "lah" dalam bahasa Inggris?


muhammadsa865586

Pakai "the" jelas salah!, Karena ikan ada banyak jenis. Sedangkan the digunakan untuk kalimat yang sifatnya tunggal dan pasti. Misal: makanlah ikan tuna goreng dimeja itu, maka itu bisa menggunakan The. Semoga membantu


DanRL69

Answer to question above. Jawaban atas pertanyaan di atas. 1) lah = no meaning 2) lah = ! (expressed by change of tone of voice) 3) lah = please, thank you (to soften command) 4) lah = go away etc. (to show impatience, annoyance) 5) lah = (to emphasise the variety in a list) 6) lah = ok, it is ok (to reassure, comfort) 7) lah = help (pleading tone of voice) 8) lah = (mocking tone of voice) 9) lah = lots more meanings Generally just ignore 'lah' when translating. Sorry my answer is in English my Indonesian is not very good.


GabrielaBstr

Yang bikin soal Bu Susi Pudjiastuti


MabsusAF

@Ken Wyn : bisa jadi kecepetan ngetiknya, jadi ada satu huruf yang terlewat.


henny259574

Aku jawab eat fish anytime you want bener ?


brilla442705

Kenapa whenever dan bukannya when?


EzioAudito979101

Karena whenever artinya kapanpun, kalau when artinya nanti jadi 'saat' kamu mau.


Tiara455436

Jawaban saya benar kenapa di salahkan.


Tsani571021

Cara bedain penggunaan kata when dan while gimana?... Masih bingung

Pelajari Bahasa Inggris 5 menit saja sehari. Gratis.