"Does our country have an upper chamber?"

Translation:Apakah negara kita mempunyai majelis tinggi?

December 8, 2018

3 Comments


Ria___

What is the difference in usage between "negara" and "negeri"?

December 8, 2018

Rick392366

What is the difference in usage between "negara" and "negeri"?

Good question.

This is the difference according to the Ministry:
http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/632/Samakah%20Arti%20Negeri%20dan%20Negara

Kata negeri tidak sama artinya dengan negara.
Negeri berarti ‘kota, tanah tempat tinggal, wilayah atau sekumpulan kampung (distrik) di bawah kekuasaan seorang penghulu (seperti di Minangkabau).

Kata negeri bertalian dengan ilmu bumi.
Negara berarti ‘persekutuan bangsa dalam suatu daerah yang tentu batas-batasnya dan diurus oleh badan pemerintah yang teratur’.
Kata negara berpadanan dengan kata state (Inggris) atau staat (Belanda).
Kata negara digunakan jika bertalian dengan sudut pandang politik, pemerintahan, atau ketataprajaan.
Berdasarkan pengertian kedua kata itu, kita telah mengubah bentuk pegadaian negeri, kas negeri, ujian negeri menjadi pegadaian negara, kas negara, ujian negara.
Sejajar dengan perubahan itu, jika kita bertaat asas pada pengertian negeri dan negara, sebaiknya bentuk pegawai negeri, sekolah negeri, perguruan tinggi negeri, pengadilan negeri diubah pula menjadi pegawai negara, sekolah negara, perguruan tinggi negara, pengadilan negara jika memang badan-badan itu diurus oleh badan pemerintah secara teratur.

So, that's the difference ☺

Very loosely translated (quick and dirty translation):
'negeri' ==> territory under the authority of a person.
'negara' ==> similiar to the English word 'state'.

'negara' is used in combination with other nouns like :
pegawai negara ==> civil servants.
sekolah negara ==> public schools.
perguruan tinggi negara ==> state university.
pengadilan negara ==> state court.

The examples above refer to institutions governed/regulated/managed by the state.

December 8, 2018

Ria___

Ah, I see. Thank you for the clarification.

December 8, 2018
Learn Indonesian in just 5 minutes a day. For free.