"Dia dinyatakan salah."

Translation:She was declared wrong.

December 19, 2018

4 Comments


JamesTWils

What is the difference between ditetapkan and dinyatakan? Or between decreed and declared for that matter?

December 19, 2018

Rick392366

https://kbbi.web.id/tetap

menetapkan/me·ne·tap·kan/ v
1 menjadikan tetap; mempertahankan supaya tetap (lestari, tidak berubah, dan sebagainya):
mereka hendak ~ apa yang sudah ada;
2 menentukan; memastikan:
~ lokasi proyek-proyek pembangunan tidaklah mudah;
3 mengambil keputusan; memutuskan:
Pemerintah ~ untuk melebur semua perkumpulan kepanduan yang ada di Indonesia menjadi satu “Gerakan Pramuka”;
hakim ~ tertuduh wajib membayar ganti rugi sebesar lima juta rupiah;
4 menunjuk (memilih, mengangkat) jadi ...:
rapat anggota tidak ~ dia menjadi ketua koperasi;
5 meneguhkan; menguatkan:
orang itu ~ janji yang sudah dikatakannya;

'menetapkan'
-1- to keep in the same state.
-2- to ensure.
-3- to make a decision.
-4- to appoint.
-5- to strengthen.

I've seen the following sentences with 'ditetapkan':
'Ini sudah ditetapkan oleh hakim itu.'
'Tini ditetapkan menjadi ratu.'
'Hari libur ini ditetapkan oleh sang ratu.'

They're translated with 'to decree'.
decree = official statement/order (issued by president/judge/law/government/etc.).
The verb as used in those sentences have the meaning of the 3rd and 4th definition in the KBBI.

https://kbbi.web.id/nyata

menyatakan/me·nya·ta·kan/ v
1 menerangkan; menjadikan nyata; menjelaskan:
ucapannya belum ~ siapa di antara mereka yang bersalah;
2 menunjukkan; memperlihatkan; menandakan:
daftar itu ~ betapa banyaknya korban yang jatuh;
3 mengatakan; mengemukakan (pikiran, isi hati); melahirkan (isi hati, perasaan, dan sebagainya); mempermaklumkan (perang):
anak cucunya ~ setuju;
ia ~ terima kasihnya kepada pengurus;

'menyatakan'
-1- to explain.
-2- to show, to signify.
-3- to say, to state, to express your thoughts and feelings, to declare.

'Dia dinyatakan salah (oleh XYZ).'
'He was declared wrong (by XYZ)'
==> 3rd definition (to say, to state, to declare).

'to declare' is currently the only accepted translation.
I'm sure there are other alternatives as well.
Suggestions ?

December 21, 2018

donny309620

Another translation would be: "She was declared to be in the wrong".

January 14, 2019

dkfour

I think guilty is a better translation

February 7, 2019
Learn Indonesian in just 5 minutes a day. For free.