Duolingo adalah cara yang paling populer untuk belajar aneka bahasa di dunia. Dan yang terpenting, 100% gratis!

"I eat an apple."

Terjemahan:Saya memakan sebuah apel.

4 tahun yang lalu

186 Komentar


AhadiahAyu

"an" buat awalan huruf vokal a,i,u,e,o sedangkan "a" buat awalan huruf konsonan. ex: an apple a girl

3 tahun yang lalu

Boss.Nia

Tapi ada pengecualian. meskipun suatu kata dimulai dengan huruf A,I,U,E,O tapi bunyinya bunyi konsonan, harus pakai article 'A' atau sebaliknya dimulai dengan huruf konsonan tapi bunyinya vowel harus pakai article "AN"

Contoh:

-- A UNIVERSITY bukan AN UNIVERSITY -- karena UNIVERSITY dilafalkan dengan bunyi 'YU...' /yuniversiti/ BUKAN bunyi 'U' /universiti/

-- Begitu juga dengan: AN HOUR bukan A HOUR -- karena HOUR dilafalkan dengan bunyi 'A' /awr/ BUKAN bunyi 'H' /hawr/

1 tahun yang lalu

licien1

You know, you are smart.

2 bulan yang lalu

RizalNya

Read An SMS

1 tahun yang lalu

MIrwanHima

Makasihh cint

1 tahun yang lalu

Fahadfathu

Terima kasuh mba....sangat membantu sekali

10 bulan yang lalu

RisFandiYa

Mantap...

6 bulan yang lalu

mimi937734

gimna ya klo belajar matematika pake bahasa ingrris..?? tambah susah

2 tahun yang lalu

AzizNurRoh

Betul

2 tahun yang lalu

hidayatmar

Thank

1 tahun yang lalu

AswataRian

Oh gtu

9 bulan yang lalu

SriimaR

Contoh yang lain ka

8 bulan yang lalu

sobirin

An :a,i,u,e,o A : bcdefghijklmn

3 tahun yang lalu

Boss.Nia

Tapi ada pengecualian. meskipun suatu kata dimulai dengan huruf A,I,U,E,O tapi bunyinya bunyi konsonan, harus pakai article 'A' atau dimulai dengan huruf konsonan tapi bunyinya bunyi vowel harus pakai article "AN"

Contoh:

-- A UNIVERSITY bukan AN UNIVERSITY -- karena UNIVERSITY dilafalkan dengan bunyi 'YU...' /yuniversiti/ BUKAN bunyi 'U' /universiti/

-- Begitu juga dengan: AN HOUR bukan A HOUR -- karena HOUR dilafalkan dengan bunyi 'A' /awr/ BUKAN bunyi 'H' /hawr/

1 tahun yang lalu

fictormarc1

Yo're right

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Maksudmu: kapan digunakan "a" atau "an" dalam bahasa Inggris. Ketika kata berikut dimulai dengan huruf yang kamu berikan.

1 tahun yang lalu

marley_stone

Knp harus an ada yang bisa menjelaskan mohon bantuan nya

3 tahun yang lalu

muhammadaa17

karena huruf depannya huruf vokal. ex : an egg, an apple, dll. untuk huruf mati menggunakan A. ex : a book, a bike, dll

2 tahun yang lalu

IRWANTO9

Oh jadi kata an itu di pakai kalau di depan kata nya Ad huruf yg awalannya a, i, u, E, dan o klo gtu ya mas?

Dan untuk penyebutan ke benda mati harus selalu memakai a brrti kan mas?

6 bulan yang lalu

aguspraset3

Thx gan

1 tahun yang lalu

Rahman13xrich

good

2 tahun yang lalu

adindasrba

Karena aplle berawalan huruf vokal seperti a,i,u,e,o tapi tidak hanya huruf depan nya tapi juga cara pembacaan nya jika berawalan huruf vokal maka pakai an

2 tahun yang lalu

Daniel_desu

Thanks

2 tahun yang lalu

RuroHh24
1 tahun yang lalu

mrazhary

An : sebuah Example : an apple Arti : sebuah apple

Correct me if i wrong

3 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

A: juga "sebuah".

Correct me if I'm* wrong.

1 tahun yang lalu

DedeKurnia2

Tapi jika 'a' ,, digunakan apabila kata subjek nya berawalan huruf konsonan

2 tahun yang lalu

IRWANTO9

Huruf konsonan itu huruf apa mas?

6 bulan yang lalu

DedeKurnia2

An digunakanan apabila kata subjek nya berawalan huruf vokal

2 tahun yang lalu

muhammadch18

What do you mean

2 tahun yang lalu

sekarnidas

'An' digunakan untuk kata yang PENGUCAPANNYA VOKAL (aiueo) E.g : an apple

What about university? University memakai artikel 'a' karena pengucapannya bukan university, melainkan yuniversity (:

2 tahun yang lalu

Trini465468

what? itu kata pengecualian yah, hem....

1 tahun yang lalu

Donny.rm

Ayo join ke group facebook "Duolingo INDONESIA~INGGRIS" kita sama-sama ingin belajar.

2 tahun yang lalu

ErricaSyam

Jadi penggunaan an or a berpatokan pd huruf depan kata beda atau pd lafal pengucapannya?

2 tahun yang lalu

AyuMerdha

Tidak selalu melihat huruf juga.. seperti a university. Knp pake a? Krna university dibaca "yuniversiti"

2 tahun yang lalu

Natanpi

Dua-duanya. Pengucapannya juga termasuk. Contoh ; hour jd an hour

2 tahun yang lalu

Seijun

Bukan an hour....... tapi a hour..

2 tahun yang lalu

DedeKurnia2

An hour?? Kayaknya kurang tepat deh @Nantapi

2 tahun yang lalu

middle-earth
middle-earth

Lah, memang bukannya an hour ya? Sama kasusnya kayak an honour

2 tahun yang lalu

ElianaIngr

An digunakan untuk huruf vokal (aiueo) A digunakan untuk huruf mati

Example : an avocado (sebuah alpukat), a dragonfruit (sebuah buah naga)

I hope it can be useful :) Corrections when I am wrong

5 bulan yang lalu

radityalm

Terima kasih ilmunya

2 tahun yang lalu

donnyherla

Setuju

2 tahun yang lalu

DennySaputra1

Sebuah apel = an apple

1 tahun yang lalu

Pelangi6

Apa bedanya an sm a ??? Please tolong dibantu....

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

"A" digunakan sebelum kata yang dimulai dengan suara konsonan, dan "An" sebelum kata yang memiliki suara vokal.

1 tahun yang lalu

PoppiKrist

GAMPANG SEKALI

5 bulan yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

How come "apel" looks like the English "apple", is there a genuine word in Indonesian for this fruit?

What is the difference between "Saya" and "Aku"?

Sebuah = meaning "a" not mandatory, isn't it?

1 tahun yang lalu

middle-earth
middle-earth

As far as I know, I'm Indonesian, we always use "apel" for this fruit. There are lots of loanword in our language. As can be seen on this link, https://en.wikipedia.org/wiki/Indonesian_language#Vocabulary, the most loanword comes from the Dutch language followed by the English. Maybe this "apel" comes from the Dutch "appel" or from the English "apple".

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Thanks for your reply! And for my other questions? The difference between saya and aku?

1 tahun yang lalu

middle-earth
middle-earth

Sûr, pas de problème. =)

Well, if you look for "saya or aku" on Google, some results will say "saya" is formal and "aku" is informal. I would like to correct it a bit: both are formal but "saya" is more formal, while "aku" is less formal.

You can mostly find "saya" in newspaper, though we also usually use it when we talk to our teacher, a police, or someone that we think is older/higher in rank than us. There is another exception, for some Indonesian, they can use their name as pronoun when they want to be more polite. So, instead of saying "Saya makan apel", some of us will say "Fahrurrozi makan apel" (taking an example if I say it myself).

For "aku", yes, you can use when you talk with your siblings, friends or people that you consider as equals (which is also depends on the situation and location, e.g. workplace, house, etc). Mostly the conversations that you will find in novels use "aku" as well.

There is also an informal pronoun for "I", which mainly used in the capital (i.e. Jakarta). It is "gua/gue". It is taken from the Hokkian language. Most people in the capital use it instead of "aku" or "saya".

Feel free if you have something to ask.

1 tahun yang lalu

ikhsanwahy4

Aku makan sebuah apel

1 tahun yang lalu

MuhamadAng6

tadi saya menjawab "saya memakan apel" dan itu terdeteksi salah ada yang bisa menjelaskanya ?

11 bulan yang lalu

AjengDian1

Sebuahnya ketinggalan

9 bulan yang lalu

YustiThiaP

Bingung

10 bulan yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Kenapa?

9 bulan yang lalu

AndreBz.

Knp ya "eat" bukan "eats" apa karena apelnya cuma satu? Atau sedang terjadi?

5 bulan yang lalu

Malikhiday

perbedaan dari eat dan eats itu apa ya ?

5 bulan yang lalu

middle-earth
middle-earth

Mungkin bisa baca di tautan ini untuk penjelasannya.

skill/en/Verbs%3A-Present/tips-and-notes

5 bulan yang lalu

aji307970

Kapan kata eats dan eat digunakan?

5 bulan yang lalu

aji307970

Tolong di bantu

5 bulan yang lalu

middle-earth
middle-earth

Mungkin bisa baca di tautan ini untuk penjelasannya.

skill/en/Verbs%3A-Present/tips-and-notes

5 bulan yang lalu

reza795977

Saya masih bingung

4 bulan yang lalu

LatifahKho1

Kenapa ngga eats?

4 bulan yang lalu

AdityaWija2

Karna bukan he,she,it

1 bulan yang lalu

Nanat489404

Betul

4 bulan yang lalu

alfadhiila

mau tanya i eat an apple artinya saya makan apel klo setelah i pake am jadi artinya saya sedang makan apel bener gk itu kalimatnya, dan di perbolehkan tidak di pke am setelah i?

2 bulan yang lalu

anindyatri

Saya makan sebuah apel

2 bulan yang lalu

ElsieNares

Gue blm jadi ngomong kenapa udh bener

2 bulan yang lalu

kartika39471

Terus buat apa fubgsinya an? Kalau di artikan sebuah masih salah?

2 bulan yang lalu

RezaFahlev19

Ko gaada sebuahnya ya disini jadi cuma saya makan apel

2 bulan yang lalu

harisgatot

Kenapa pakai an????

2 bulan yang lalu

SelviaNurs2

Good

1 bulan yang lalu

Nafilah17

Kenapa "I eats an apple" bukan "I eat an apple"?

1 bulan yang lalu

cahyo221402

Bismillah belajar inggris dikit2 berkah amin

1 hari yang lalu

CintaCanti

Susah yang ini . Tapi seru

2 tahun yang lalu

fasharizki

An : huruf vokal..

1 tahun yang lalu

DewiSavitr1

Tapi kok kalo untuk kata University pakai "a" ,dan Hour pakai "an " ?

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Karena suaranya. Suara lebih penting daripada huruf pertama. "Universitas" dimulai dengan suara "You", sebuah pengecualian untuk aturan ini.

1 tahun yang lalu

rhayeksa

I eat an apple "Saya makan apel"...?. Kenapa gak "Saya makan sebuah apel" Please penjelasannya...

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Iya: Saya makan sebuah apel: I eat an appel. Saya makan apel: I eat apples. Karena jumlah apel tidak tepat, tidak diketahui tepatnya.

9 bulan yang lalu

KevinHuijgen
KevinHuijgen

As someone learning Indonesian, what is the difference between "seorang" and "sebuah"?

9 bulan yang lalu

middle-earth
middle-earth

We use "seorang" for indefinite article related to people (i.e. profession etc). So, "he is an actor" is translated as "dia seorang aktor", "she is a student" as "dia seorang murid/pelajar/mahasiswa (depends on the education level)". "Sebuah" is also for indefinite article which mostly used for things. For example, "That is a book" is "Itu sebuah buku", "This is a computer" is "Ini sebuah komputer". "Buah" itself means "fruit", so, yes, we use it in this expression: "Ini sebuah apel" which means "This is an apple".

That's the simplest explanation I can think of right now. I hope it helps.

9 bulan yang lalu

Adnannurkh

Thank

9 bulan yang lalu

Hafiz798421

Masih belum ngerti

7 bulan yang lalu

rohimalfar

Thank

7 bulan yang lalu

SahrullGunawan

:( salah gw malah makan 1 apel

7 bulan yang lalu

BhiiaTrhiA

Masih belum ngerti duhh an itu bukannya sebuah .. ko di sini bukan berartikan (i eat an apple)-(saya makan sebuah apel) tolong penjelasan

7 bulan yang lalu

ReyhanArdi3

Kok ga ada sebuah kan ada an

6 bulan yang lalu

ahmadtaupi4

Mantap cyin

6 bulan yang lalu

Kkdeb_arteu

Kenapa gk ada kata "sebuah " ?

6 bulan yang lalu

ElianaIngr

Kalau 'a' untuk huruf mati, kalau 'an' untuk huruf vokal (aiueo)

Example : an avocado, a grape

Yang avocado menggunakan 'an' karena kata awalnya 'a' (huruf vokal)

Jika grape menggunakan 'a' karena kata awalnya 'g' (huruf mati)

5 bulan yang lalu

Ramon902413
Ramon902413

When does lesson 1 finally end?!

4 bulan yang lalu

middle-earth
middle-earth

I don't think it will end. The new Duolingo always have additional "levels" in every lesson, now. So far I only try until level 3 because there are lots of repetition after that.

4 bulan yang lalu

willy558239

Thanks

3 bulan yang lalu

ShipaNandi

sukaa

2 bulan yang lalu

ikhsanhida2

Kenapa jawabannya an?

3 tahun yang lalu

middle-earth
middle-earth

Sebagai tambahan, untuk noun yg dimulai dengan huruf vokal tapi pengucapannya menjadi konsonan maka 'an' tidak digunakan melainkan 'a'

Contoh: Noun: era, karena 'e' diucapkan sebagai vokal maka digunakan 'an' menjadi 'an era' Noun: university, di sini pelafalan 'u' lebih ke 'yu' yg dimulai dengan bunyi konsonan, maka digunakan 'a' menjadi 'a university'

3 tahun yang lalu

Ukka2

"an" untuk kata benda diawali huruf vokal ( A, I, U, E, O)

3 tahun yang lalu

mimi937734

maaf nanya.. klo pake a apple itu salah atau gmna..?

2 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

A apple = always wrong, selalu salah. An apple = always correct, selalu benar.

1 tahun yang lalu

abdulhamid321159

sangat membantu

1 tahun yang lalu

muhammad.a629225

Kenapa kalau kata memakan salah!apakah harus menggunakan kata makan??

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

"Saya memakan sebuah apel." -> accepted (itu diterima)

1 tahun yang lalu

NiaNettiUt

An untuk benda mati

1 tahun yang lalu

mozad1

Ez

1 tahun yang lalu

AbdMalik7

An digunakan apabila subjekx adalah huruf vokal a,i,u,e,o

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Bukan subjek, kata bendanya.

9 bulan yang lalu

lilirais

Yah

1 tahun yang lalu

Bro203709

Uda bener tu kon

1 tahun yang lalu

ibrahimgul9

biasanya sebuah itu pake 'a' kok ini 'an' ?

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Tolong baca penjelasan di halaman ini. Penjelasan dari "middle-earth" atau "Boss.Nia" ...

9 bulan yang lalu

DavidPhan20

saya makan apel

1 tahun yang lalu

kayyisaha.

Iya yah susanbanget

1 tahun yang lalu

PopulerStu

Haha gua nulisnya "A"

1 tahun yang lalu

herrydavid1

Yes

1 tahun yang lalu

khairulihs3

Good

1 tahun yang lalu

Herlislies

I am eat an apple Bantu dong salah terus jawabanku

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Hanya satu kata kerja dalam 1 kalimat. "Am" adalah kata kerja dan "eat" adalah kata kerja. Bagitu: "I eat" atau "I am". Tidak "I am eat".

Dalam bentuk sekarang kata kerja adalah bentuk tambahan dalam "ing", "I am eating", tapi "I am eat" tidak ada, karena di sini tidak ada "ing". Progresive present = am + kata kerja dengan "ing" = kata kera di dua bagian, selalu dengan "ing".

9 bulan yang lalu

middle-earth
middle-earth

Karena kalimat Bahasa Indonesia padanannya adalah: "Saya makan sebuah apel", maka bentuk yang diharapkan adalah Simple Present. Sehingga bentuk Bahasa Inggris yang tepat adalah: "I eat an apple".

Kalau menggunakan "to be" (am/is/are), maka kalimat tersebut menjadi dalam bentuk Present Continuous, yang dalam Bahasa Indonesia menjadi: "Saya SEDANG makan apel" atau dalam Bahasa Inggrisnya: "I am EATING an apple". Namun bentuk ini bukan yang ditanyakan di soal.

Semoga membantu

1 tahun yang lalu

mirnawidar

Perbedaan simple present dan present continuous apa? Bisa minta tolong di jelaskan.. terimalasih

10 bulan yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Present continuous = dengan "ing", contoh "I am eating", adalah untuk kapan peristiwa ini sedang terjadi sekarang, tepatnya sekarang, saya makan sekarang, bukan makan secara umum... atau tidak kebiasaan, tetapi pada saat yang tepat sekarang.

I eat = kebiasaan atau secara umum. I eat bread every morning.

I'm eating bread right now.

9 bulan yang lalu

RaihanDoan

Berarti Present Continous sama Progresive Present sama ya bang? Kayak bang From Paris blng

7 bulan yang lalu

middle-earth
middle-earth

Iya, benar, Raihan. Dua istilah ini merujuk ke hal yang sama -> sedang berlangsung/terjadi.

7 bulan yang lalu

ChristianS191903

Hayy

1 tahun yang lalu

ekasusanty

Saya bingung..I eat an apple.. saya artikan saya makan sebuah Apple..tapi kok salah sich..?? Bingung aku maaf baru belajar

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

I eat an apple = saya makan sebuah apple = benar dan dianggap oleh Duolingo.

9 bulan yang lalu

middle-earth
middle-earth

Apple kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia harusnya "apel", mbak. Mungkin karena itu jadi dianggap salah oleh Duolingo

1 tahun yang lalu

Tini738573

Jadi bagaimana dlm penggunaaan an

10 bulan yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Hal ini dijelaskan di halaman ini, baca penjelasannya dari "middle-earth".

9 bulan yang lalu

TitinKusti

I eat an apple.

9 bulan yang lalu

Hana896212

Trimakasih atas bantuannya

9 bulan yang lalu

windi936552

Keren

8 bulan yang lalu

RobbiRadhi

Ok

8 bulan yang lalu

Husnulwrdt

Thanks

5 bulan yang lalu

nurannisaz

Thanks

2 tahun yang lalu

nadia741191

Yey aku bisa

2 tahun yang lalu

EngkosKupa

Benar

2 tahun yang lalu

syarifRama

Kan bisa juga pakek (a) artinya sebuah

2 tahun yang lalu

juliant15

Saya makan apel

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Kamu membutuhkan kuantitas di sini: 1 apel.

2 bulan yang lalu

amelia477620

Knpa I eat .gk pake kata bntu I am eat atau I'm eat

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Kamu tidak bisa mengatakan '"I am eat". "Am" adalah kata kerjanya dan "eat" adalah kata kerjanya.

Kamu hanya bisa mengatakan "I am eating", karena kata kerja dalam dua bagian. Progressive present. Am + verb -ing.

1 tahun yang lalu

Lutfan

Thanks

1 tahun yang lalu

YolandaSaf2

Salah sebut

1 tahun yang lalu

SuciMayang

Of course

1 tahun yang lalu

burhan144502

Good

1 tahun yang lalu

DevianMuha

faham

1 tahun yang lalu

AbelChrist4

Ya

1 tahun yang lalu

DayatStead

Good

1 tahun yang lalu

Altaf435081

Duolingo bagus untuk pendidikan anak anak tapi agak kurang bagus juga membingungkan sip...

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Kenapa?

9 bulan yang lalu

Diankatto

I like this

1 tahun yang lalu

dedewahyud1

Thank

1 tahun yang lalu

AfifSyaifu

Bingung lumayan

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Kenapa? Tentang apa?

9 bulan yang lalu

oscar534406

Jujur saya buta dalam berbahasa inggris

1 tahun yang lalu

oscar534406

I like

1 tahun yang lalu

oscar534406

I like

1 tahun yang lalu

andy390740

Bingung

1 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Kenapa?

9 bulan yang lalu

Bayu986913

Salam indo, sebenarnya Dasar 1 itu mudah, malah aku sudah nyampek atribut. Yang terakhir.

1 tahun yang lalu

ekasusanty

Apa sich jawaban ya salah terus dari tadi pusing aku

1 tahun yang lalu

Litha421391

Susah

1 tahun yang lalu

rizki874221

Thanks

11 bulan yang lalu

Fellyca

Kok aneh saya apel

11 bulan yang lalu

akasprambu

Sip

10 bulan yang lalu

aguagusset

good job

10 bulan yang lalu

MuhammadRi302061

Makasih

10 bulan yang lalu

habib.al.f

Thanks

10 bulan yang lalu

CintaCanti

Sering salah di kalimat "i eat an" kalo apple nya betul . Itu juga jarang-jarang_~

2 tahun yang lalu

NikmahAzza

Cara membaca huruf2 inggris bagaimana?

2 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

What do you mean?

1 tahun yang lalu

Guntur414123

Good

1 tahun yang lalu

MJamalLudin

kenapa di baca eaden apple bukan eat an apple

1 tahun yang lalu

ikarahmain
1 tahun yang lalu

ImagoFams

Luar binasa wj

1 tahun yang lalu

randy557838

Ko an ya

1 tahun yang lalu

Deby717310

I have a "Pen",i have an "Apple" uhhh "Penapple"

I have a "Pen",i have "Pineapple" uhhh "Pineapplepen"

"Applepen","Pineapplepen" uhhh "Penapplepineapplepen"

1 tahun yang lalu

Myjexs

Wo

1 tahun yang lalu

DonErnestP

Why an becomes sebuah in this sentence?

3 tahun yang lalu

krisanmariz

the use different articles for different objects like saying a bunch of grapes or a cup of water not just A or An pretty much what i think i understood of.

3 tahun yang lalu

PERCE_NEIGE
PERCE_NEIGE

Are you learning Indonesian?

Sebuah is used for things, and Seorang for human beings, to mean a/an.

1 tahun yang lalu

tajsahaja

Karena "an" itu ganti daripada "a".

3 tahun yang lalu