1. Forum
  2. >
  3. Topik: English
  4. >
  5. "I eat an apple."

"I eat an apple."

Terjemahan:Saya makan apel.

August 23, 2014

187 Komentar
Diskusi ini dikunci


AhadiahAyu

"an" buat awalan huruf vokal a,i,u,e,o sedangkan "a" buat awalan huruf konsonan. ex: an apple a girl


Boss.Nia

Tapi ada pengecualian. meskipun suatu kata dimulai dengan huruf A,I,U,E,O tapi bunyinya bunyi konsonan, harus pakai article 'A' atau sebaliknya dimulai dengan huruf konsonan tapi bunyinya vowel harus pakai article "AN"

Contoh:

-- A UNIVERSITY bukan AN UNIVERSITY -- karena UNIVERSITY dilafalkan dengan bunyi 'YU...' /yuniversiti/ BUKAN bunyi 'U' /universiti/

-- Begitu juga dengan: AN HOUR bukan A HOUR -- karena HOUR dilafalkan dengan bunyi 'A' /awr/ BUKAN bunyi 'H' /hawr/


ArdiExcella

@Boss nia berlaku juga untuk huruf konsonan yang gak kebaca konsonannya. an hour ago (baca an our ago)


Marshanda660355

bedanya eat sama eats apa


muhammadya735514

Eat itu adalah makan dan eats itu adalah memakan


Zahra870571

jadi klo ada s nya itu brrti beda lagi artinya gtu?


cintya88606

Sama,cuma beda saat penggunaan katanya aja


MonKenzo

thank you, this is very helpful.


Ivan433096

You is very smart English


Fahmiirawa

Makasih ya udah share ilmu


andikamy

Thanks for the info


romynurr

Thanks, very clear


MIqbalkerrrss

Saya mau nanya juga nih ka ... Di soal Kan ada kata " an " , Kenapa artinya gak ada sebuah nya . Tolong minta penjelasannya ya , terimakasih.


mimi937734

gimna ya klo belajar matematika pake bahasa ingrris..?? tambah susah


lifexsoul2

Tergantung masing² sih


liya224678

Malah mikir kesitu, ngakak


anggun947189

Mau tanya, kapan dia pake eats kapan pake eat


DindaAisya11

Baik saya mengerti


marley_stone

Knp harus an ada yang bisa menjelaskan mohon bantuan nya


muhammadaa17

karena huruf depannya huruf vokal. ex : an egg, an apple, dll. untuk huruf mati menggunakan A. ex : a book, a bike, dll


IRWANTO9

Oh jadi kata an itu di pakai kalau di depan kata nya Ad huruf yg awalannya a, i, u, E, dan o klo gtu ya mas?

Dan untuk penyebutan ke benda mati harus selalu memakai a brrti kan mas?


mrazhary

An : sebuah Example : an apple Arti : sebuah apple

Correct me if i wrong


PERCE_NEIGE

A: juga "sebuah".

Correct me if I'm* wrong.


DedeKurnia2

Tapi jika 'a' ,, digunakan apabila kata subjek nya berawalan huruf konsonan


DedeKurnia2

An digunakanan apabila kata subjek nya berawalan huruf vokal


sekarnidas

'An' digunakan untuk kata yang PENGUCAPANNYA VOKAL (aiueo) E.g : an apple

What about university? University memakai artikel 'a' karena pengucapannya bukan university, melainkan yuniversity (:


Donny.rm

Ayo join ke group facebook "Duolingo INDONESIA~INGGRIS" kita sama-sama ingin belajar.


ErricaSyam

Jadi penggunaan an or a berpatokan pd huruf depan kata beda atau pd lafal pengucapannya?


AyuMerdha

Tidak selalu melihat huruf juga.. seperti a university. Knp pake a? Krna university dibaca "yuniversiti"


ElianaIngr

An digunakan untuk huruf vokal (aiueo) A digunakan untuk huruf mati

Example : an avocado (sebuah alpukat), a dragonfruit (sebuah buah naga)

I hope it can be useful :) Corrections when I am wrong


radityalm

Terima kasih ilmunya


DennySaputra1

Sebuah apel = an apple


Pelangi6

Apa bedanya an sm a ??? Please tolong dibantu....


PERCE_NEIGE

"A" digunakan sebelum kata yang dimulai dengan suara konsonan, dan "An" sebelum kata yang memiliki suara vokal.


Sintia842060

Kata sebuah nya nggak ada di opsi


Farhanez

Go-bantai taichou, Sosuke Aizen.


PERCE_NEIGE

How come "apel" looks like the English "apple", is there a genuine word in Indonesian for this fruit?

What is the difference between "Saya" and "Aku"?

Sebuah = meaning "a" not mandatory, isn't it?


middle-earth

As far as I know, I'm Indonesian, we always use "apel" for this fruit. There are lots of loanword in our language. As can be seen on this link, https://en.wikipedia.org/wiki/Indonesian_language#Vocabulary, the most loanword comes from the Dutch language followed by the English. Maybe this "apel" comes from the Dutch "appel" or from the English "apple".


PERCE_NEIGE

Thanks for your reply! And for my other questions? The difference between saya and aku?


middle-earth

Sûr, pas de problème. =)

Well, if you look for "saya or aku" on Google, some results will say "saya" is formal and "aku" is informal. I would like to correct it a bit: both are formal but "saya" is more formal, while "aku" is less formal.

You can mostly find "saya" in newspaper, though we also usually use it when we talk to our teacher, a police, or someone that we think is older/higher in rank than us. There is another exception, for some Indonesian, they can use their name as pronoun when they want to be more polite. So, instead of saying "Saya makan apel", some of us will say "Fahrurrozi makan apel" (taking an example if I say it myself).

For "aku", yes, you can use when you talk with your siblings, friends or people that you consider as equals (which is also depends on the situation and location, e.g. workplace, house, etc). Mostly the conversations that you will find in novels use "aku" as well.

There is also an informal pronoun for "I", which mainly used in the capital (i.e. Jakarta). It is "gua/gue". It is taken from the Hokkian language. Most people in the capital use it instead of "aku" or "saya".

Feel free if you have something to ask.


ikhsanwahy4

Aku makan sebuah apel


MuhamadAng6

tadi saya menjawab "saya memakan apel" dan itu terdeteksi salah ada yang bisa menjelaskanya ?


KevinHuijgen

As someone learning Indonesian, what is the difference between "seorang" and "sebuah"?


middle-earth

We use "seorang" for indefinite article related to people (i.e. profession etc). So, "he is an actor" is translated as "dia seorang aktor", "she is a student" as "dia seorang murid/pelajar/mahasiswa (depends on the education level)". "Sebuah" is also for indefinite article which mostly used for things. For example, "That is a book" is "Itu sebuah buku", "This is a computer" is "Ini sebuah komputer". "Buah" itself means "fruit", so, yes, we use it in this expression: "Ini sebuah apel" which means "This is an apple".

That's the simplest explanation I can think of right now. I hope it helps.


BhiiaTrhiA

Masih belum ngerti duhh an itu bukannya sebuah .. ko di sini bukan berartikan (i eat an apple)-(saya makan sebuah apel) tolong penjelasan


ReyhanArdi3

Kok ga ada sebuah kan ada an


AndreBz.

Knp ya "eat" bukan "eats" apa karena apelnya cuma satu? Atau sedang terjadi?


SalsabilaT646717

Karena di kalimat itu subjeknya adalah "I" jadi gak usah ditambahin "s" lagi di belakang kata "eat"


Malikhiday

perbedaan dari eat dan eats itu apa ya ?


aji307970

Kapan kata eats dan eat digunakan?


reza795977

Saya masih bingung


LatifahKho1

Kenapa ngga eats?


AdityaWija2

Karna bukan he,she,it


alfadhiila

mau tanya i eat an apple artinya saya makan apel klo setelah i pake am jadi artinya saya sedang makan apel bener gk itu kalimatnya, dan di perbolehkan tidak di pke am setelah i?


anindyatri

Saya makan sebuah apel


ElsieNares

Gue blm jadi ngomong kenapa udh bener


kartika39471

Terus buat apa fubgsinya an? Kalau di artikan sebuah masih salah?


RezaFahlev19

Ko gaada sebuahnya ya disini jadi cuma saya makan apel


harisgatot

Kenapa pakai an????


Nafilah17

Kenapa "I eats an apple" bukan "I eat an apple"?


eweaja975

yang benar itu i eat an apple


cahyo221402

Bismillah belajar inggris dikit2 berkah amin


Nela8686

Kenapa ga I eat apple kenapa harus I eat an apple Kalu ada An berarti sebuah tapi kenapa salah ya


ExKoi

Kenapa tidak "I eats an apple."?


Diza781233

Knp pake eat bkn eats ?


prasblack

An = sebuah, atau apa ?


eweaja975

an itu sebuah tapi digunakan hanya untuk huruf vokal saja


RATIHPUSPI11

Jawaban benar disalahkan :)


HendraNurw1

Saya benar tapi tidak paham, kenapa jawabannya "eat"?


eweaja975

karena eat artinya makan


Zikry267463

" an" untuk apa?


eweaja975

artinya sebuah dan digunakan saat kata setelahnya huruf vokal


Bleble685258

Bagaimana kira2 klo kita bilang atw tulis i eat apel.. apakah aneh.. Bagaimana dalam kasus bahasa indonesia..


AlFapfap87

Kenapa bukan yang eats teman?


RizqiRamad13

Lah bedanya eat sama eats apa?


wiam528047

Apa bedanya eat sama eats?


AfnanSalsa

Kak bedanya eating sama eat apa?


ChristianJ398517

harusnya "saya makan sebuah apel"


Dwiii4

Kenapa ketika pake kata eats salah? Harus pake kata eat not eats?


Fya_Nur

Bisa tolong dijelaskan kenapa jawabannya eat? Terus kenapa kalimat sebuah an bukan a?


aini762730

Brrti kata "AN" itu sma dgn kata bantu ya untuk ksempernuan mnjdi kalimat..


bamz27

kok ga pake"sebuah"?


suhenah

Terus kata "an" itu artinya apa?


naufal895809

aku kok salah sih seharuse yo bener


BayuPerman20

Untuk an harusnya ada tambahan sebuah


[pengguna yang dinonaktifkan]

    Bukannya i eat an apple itu saya makan sebuah apel,kok di sini gak ada kata sebuah?


Naya792957

    Membingungkan sekali !


SulaimanZa7

    Why does this keep on quiz?


SulaimanZa7

    Why does this keep on quiz?


vera.gv

    DUOLINGGO SERU BANGET


hamidaamal

    im forget if the tensea any an


RizkyMaula838018

    Seharusnya kan "sebuah"


tinoSD1

    Hai namaku Kirana aku pintar bahasa inggris dan aku punya teman yang namanya Naura dia juga pintar bahasa inggris aku baru saja membuat email jadi kalian baru kenal aku


Yuri678962

    Apa beda nya eats sama eat aku bikin eat padahal aama aja kali


Yuri678962

    WWW@yuriQuinsaindah.com


mayline167908

    Thanks for your info


Hanifa80203

    Kenapa eat?? Bukan eating?


mfirdausj7

    Kenapa tulis saya makan sebuah apel masih salah?


SitaShuray

    Itu kenapa jawabnnya eat


Arjunajune

    Hayoo siapa yang typo? Itu an loh bukan And


Richi211126

    Kapan kita menggunakan eat,eats, and eating


NajwaAsyil4

    Aku juga kangen sama duo


JA646

    Kenapa 'eats' bukan 'eat'


rini440399

    Bedanya eats, eating , sama eat itu apa kak


rini440399

    Bedanya eat, eats, eating apa kak


salwaoffic

    "an" itu buat huruf vokal a,i,u,e,o klo "a" buat awalan huruf konsonan.ex: an apple a girl gitu semoga bermanfaat


audina226423

    Aku masih belum mudeng:(


andi427838

    Bedanya co ama janco apah


andi427838

    Bedanya co ama janco aph


Auladia1

    Every play i feel smart wkwkwk


GilbyQueen

    Seruuuuuuuuuuuuuuu


RaviPurnam

    Kok saya artikan 'saya makan sebuah apel' salah ya kan itu ada an nya


MIqbalkerrrss

    Kan ada kata " an " , Kenapa artinya gak ada sebuah nya . Tolong minta penjelasannya ya , terimakasih.


MIqbalkerrrss

    Kan ada kata " an " , Kenapa artinya gak ada sebuah nya . Tolong minta penjelasannya ya , terimakasih.


Zayin613335

    Kalo apelnya lebih dari 1 pake apa?


bilqiishe

    kok saya salah disini, padahal penulisan sudah benar


ibuknyaduosha

    Apa bahasaingeris air


KhailaAngg1

    Yes aku bisa jawab nya


Lilis147625

    Apa an disini tidak menunjukkan sebuah?

    Pelajari Bahasa Inggris 5 menit saja sehari. Gratis.