1. Forum
  2. >
  3. Topik: English
  4. >
  5. "I eat an apple."

"I eat an apple."

Terjemahan:Saya makan apel.

August 23, 2014

237 Komentar


AhadiahAyu

"an" buat awalan huruf vokal a,i,u,e,o sedangkan "a" buat awalan huruf konsonan. ex: an apple a girl


Boss.Nia

Tapi ada pengecualian. meskipun suatu kata dimulai dengan huruf A,I,U,E,O tapi bunyinya bunyi konsonan, harus pakai article 'A' atau sebaliknya dimulai dengan huruf konsonan tapi bunyinya vowel harus pakai article "AN"

Contoh:

-- A UNIVERSITY bukan AN UNIVERSITY -- karena UNIVERSITY dilafalkan dengan bunyi 'YU...' /yuniversiti/ BUKAN bunyi 'U' /universiti/

-- Begitu juga dengan: AN HOUR bukan A HOUR -- karena HOUR dilafalkan dengan bunyi 'A' /awr/ BUKAN bunyi 'H' /hawr/


licien1

You know, you are smart.


MonKenzo

thank you, this is very helpful.


Fahadfathu

Terima kasuh mba....sangat membantu sekali


mimi937734

gimna ya klo belajar matematika pake bahasa ingrris..?? tambah susah


SriimaR

Contoh yang lain ka


sobirin

An :a,i,u,e,o A : bcdefghijklmn


Boss.Nia

Tapi ada pengecualian. meskipun suatu kata dimulai dengan huruf A,I,U,E,O tapi bunyinya bunyi konsonan, harus pakai article 'A' atau dimulai dengan huruf konsonan tapi bunyinya bunyi vowel harus pakai article "AN"

Contoh:

-- A UNIVERSITY bukan AN UNIVERSITY -- karena UNIVERSITY dilafalkan dengan bunyi 'YU...' /yuniversiti/ BUKAN bunyi 'U' /universiti/

-- Begitu juga dengan: AN HOUR bukan A HOUR -- karena HOUR dilafalkan dengan bunyi 'A' /awr/ BUKAN bunyi 'H' /hawr/


PERCE_NEIGE

Maksudmu: kapan digunakan "a" atau "an" dalam bahasa Inggris. Ketika kata berikut dimulai dengan huruf yang kamu berikan.


marley_stone

Knp harus an ada yang bisa menjelaskan mohon bantuan nya


muhammadaa17

karena huruf depannya huruf vokal. ex : an egg, an apple, dll. untuk huruf mati menggunakan A. ex : a book, a bike, dll


IRWANTO9

Oh jadi kata an itu di pakai kalau di depan kata nya Ad huruf yg awalannya a, i, u, E, dan o klo gtu ya mas?

Dan untuk penyebutan ke benda mati harus selalu memakai a brrti kan mas?


mrazhary

An : sebuah Example : an apple Arti : sebuah apple

Correct me if i wrong


PERCE_NEIGE

A: juga "sebuah".

Correct me if I'm* wrong.


DedeKurnia2

Tapi jika 'a' ,, digunakan apabila kata subjek nya berawalan huruf konsonan


IRWANTO9

Huruf konsonan itu huruf apa mas?


Ridho46

Huruf selain huruf vokal


DedeKurnia2

An digunakanan apabila kata subjek nya berawalan huruf vokal


adindasrba

Karena aplle berawalan huruf vokal seperti a,i,u,e,o tapi tidak hanya huruf depan nya tapi juga cara pembacaan nya jika berawalan huruf vokal maka pakai an


dedi850650

An apple, an elephant, an egg, an umbrella, an ant, an ox, an imagination, an elf

A car, a pencil, a book, a handphone, a cake


Fendi170406

kmrin sya tanya penggunaan AN itu jika pelafalan katanya itu dimulai dgn huruf vocal, bukan karena awalan katanya hruf vocal saja. Contoh:

-- A UNIVERSITY bukan AN UNIVERSITY -- karena UNIVERSITY dilafalkan dengan bunyi 'YU...' /yuniversiti/ BUKAN bunyi 'U' /universiti/

-- Begitu juga dengan: AN HOUR bukan A HOUR -- karena HOUR dilafalkan dengan bunyi 'A' /awr/ BUKAN bunyi 'H' /hawr/


sekarnidas

'An' digunakan untuk kata yang PENGUCAPANNYA VOKAL (aiueo) E.g : an apple

What about university? University memakai artikel 'a' karena pengucapannya bukan university, melainkan yuniversity (:


Trini465468

what? itu kata pengecualian yah, hem....


Donny.rm

Ayo join ke group facebook "Duolingo INDONESIA~INGGRIS" kita sama-sama ingin belajar.


ErricaSyam

Jadi penggunaan an or a berpatokan pd huruf depan kata beda atau pd lafal pengucapannya?


AyuMerdha

Tidak selalu melihat huruf juga.. seperti a university. Knp pake a? Krna university dibaca "yuniversiti"


Natanpi

Dua-duanya. Pengucapannya juga termasuk. Contoh ; hour jd an hour


Seijun

Bukan an hour....... tapi a hour..


DedeKurnia2

An hour?? Kayaknya kurang tepat deh @Nantapi


middle-earth

Lah, memang bukannya an hour ya? Sama kasusnya kayak an honour


ElianaIngr

An digunakan untuk huruf vokal (aiueo) A digunakan untuk huruf mati

Example : an avocado (sebuah alpukat), a dragonfruit (sebuah buah naga)

I hope it can be useful :) Corrections when I am wrong


radityalm

Terima kasih ilmunya


DennySaputra1

Sebuah apel = an apple


Pelangi6

Apa bedanya an sm a ??? Please tolong dibantu....


PERCE_NEIGE

"A" digunakan sebelum kata yang dimulai dengan suara konsonan, dan "An" sebelum kata yang memiliki suara vokal.


Sintia842060

Kata sebuah nya nggak ada di opsi


PERCE_NEIGE

How come "apel" looks like the English "apple", is there a genuine word in Indonesian for this fruit?

What is the difference between "Saya" and "Aku"?

Sebuah = meaning "a" not mandatory, isn't it?


middle-earth

As far as I know, I'm Indonesian, we always use "apel" for this fruit. There are lots of loanword in our language. As can be seen on this link, https://en.wikipedia.org/wiki/Indonesian_language#Vocabulary, the most loanword comes from the Dutch language followed by the English. Maybe this "apel" comes from the Dutch "appel" or from the English "apple".


PERCE_NEIGE

Thanks for your reply! And for my other questions? The difference between saya and aku?


middle-earth

Sûr, pas de problème. =)

Well, if you look for "saya or aku" on Google, some results will say "saya" is formal and "aku" is informal. I would like to correct it a bit: both are formal but "saya" is more formal, while "aku" is less formal.

You can mostly find "saya" in newspaper, though we also usually use it when we talk to our teacher, a police, or someone that we think is older/higher in rank than us. There is another exception, for some Indonesian, they can use their name as pronoun when they want to be more polite. So, instead of saying "Saya makan apel", some of us will say "Fahrurrozi makan apel" (taking an example if I say it myself).

For "aku", yes, you can use when you talk with your siblings, friends or people that you consider as equals (which is also depends on the situation and location, e.g. workplace, house, etc). Mostly the conversations that you will find in novels use "aku" as well.

There is also an informal pronoun for "I", which mainly used in the capital (i.e. Jakarta). It is "gua/gue". It is taken from the Hokkian language. Most people in the capital use it instead of "aku" or "saya".

Feel free if you have something to ask.


ikhsanwahy4

Aku makan sebuah apel


MuhamadAng6

tadi saya menjawab "saya memakan apel" dan itu terdeteksi salah ada yang bisa menjelaskanya ?


AjengDian1

Sebuahnya ketinggalan


KevinHuijgen

As someone learning Indonesian, what is the difference between "seorang" and "sebuah"?


middle-earth

We use "seorang" for indefinite article related to people (i.e. profession etc). So, "he is an actor" is translated as "dia seorang aktor", "she is a student" as "dia seorang murid/pelajar/mahasiswa (depends on the education level)". "Sebuah" is also for indefinite article which mostly used for things. For example, "That is a book" is "Itu sebuah buku", "This is a computer" is "Ini sebuah komputer". "Buah" itself means "fruit", so, yes, we use it in this expression: "Ini sebuah apel" which means "This is an apple".

That's the simplest explanation I can think of right now. I hope it helps.


BhiiaTrhiA

Masih belum ngerti duhh an itu bukannya sebuah .. ko di sini bukan berartikan (i eat an apple)-(saya makan sebuah apel) tolong penjelasan


ReyhanArdi3

Kok ga ada sebuah kan ada an


AndreBz.

Knp ya "eat" bukan "eats" apa karena apelnya cuma satu? Atau sedang terjadi?


SalsabilaT646717

Karena di kalimat itu subjeknya adalah "I" jadi gak usah ditambahin "s" lagi di belakang kata "eat"


Malikhiday

perbedaan dari eat dan eats itu apa ya ?


aji307970

Kapan kata eats dan eat digunakan?


reza795977

Saya masih bingung


LatifahKho1

Kenapa ngga eats?


AdityaWija2

Karna bukan he,she,it


alfadhiila

mau tanya i eat an apple artinya saya makan apel klo setelah i pake am jadi artinya saya sedang makan apel bener gk itu kalimatnya, dan di perbolehkan tidak di pke am setelah i?


anindyatri

Saya makan sebuah apel


ElsieNares

Gue blm jadi ngomong kenapa udh bener


kartika39471

Terus buat apa fubgsinya an? Kalau di artikan sebuah masih salah?


RezaFahlev19

Ko gaada sebuahnya ya disini jadi cuma saya makan apel


harisgatot

Kenapa pakai an????


Nafilah17

Kenapa "I eats an apple" bukan "I eat an apple"?


eweaja975

yang benar itu i eat an apple


cahyo221402

Bismillah belajar inggris dikit2 berkah amin


DiaztaDian1

Kenapa ga I eat apple kenapa harus I eat an apple Kalu ada An berarti sebuah tapi kenapa salah ya


ExKoi

Kenapa tidak "I eats an apple."?


Diza781233

Knp pake eat bkn eats ?


prasblack

An = sebuah, atau apa ?


eweaja975

an itu sebuah tapi digunakan hanya untuk huruf vokal saja


RATIHPUSPI11

Jawaban benar disalahkan :)


HendraNurw1

Saya benar tapi tidak paham, kenapa jawabannya "eat"?


eweaja975

karena eat artinya makan


Zikry267463

" an" untuk apa?


eweaja975

artinya sebuah dan digunakan saat kata setelahnya huruf vokal


Bleble685258

Bagaimana kira2 klo kita bilang atw tulis i eat apel.. apakah aneh.. Bagaimana dalam kasus bahasa indonesia..


AlFapfap87

Kenapa bukan yang eats teman?


RizqiRamad13

Lah bedanya eat sama eats apa?


wiam528047

Apa bedanya eat sama eats?


AfnanSalsa

Kak bedanya eating sama eat apa?


ChristianJ398517

harusnya "saya makan sebuah apel"


Dwiii4

Kenapa ketika pake kata eats salah? Harus pake kata eat not eats?


Fya_Nur

Bisa tolong dijelaskan kenapa jawabannya eat? Terus kenapa kalimat sebuah an bukan a?


aini762730

Brrti kata "AN" itu sma dgn kata bantu ya untuk ksempernuan mnjdi kalimat..


suhenah

Terus kata "an" itu artinya apa?


naufal895809

aku kok salah sih seharuse yo bener


BayuPerman20

Untuk an harusnya ada tambahan sebuah


Abiwwww

Bukannya i eat an apple itu saya makan sebuah apel,kok di sini gak ada kata sebuah?


CintaCanti

Susah yang ini . Tapi seru


fasharizki

An : huruf vokal..


DewiSavitr1

Tapi kok kalo untuk kata University pakai "a" ,dan Hour pakai "an " ?


PERCE_NEIGE

Karena suaranya. Suara lebih penting daripada huruf pertama. "Universitas" dimulai dengan suara "You", sebuah pengecualian untuk aturan ini.


rhayeksa

I eat an apple "Saya makan apel"...?. Kenapa gak "Saya makan sebuah apel" Please penjelasannya...


PERCE_NEIGE

Iya: Saya makan sebuah apel: I eat an appel. Saya makan apel: I eat apples. Karena jumlah apel tidak tepat, tidak diketahui tepatnya.


Hafiz798421

Masih belum ngerti


SahrullGunawan

:( salah gw malah makan 1 apel


Kkdeb_arteu

Kenapa gk ada kata "sebuah " ?


ElianaIngr

Kalau 'a' untuk huruf mati, kalau 'an' untuk huruf vokal (aiueo)

Example : an avocado, a grape

Yang avocado menggunakan 'an' karena kata awalnya 'a' (huruf vokal)

Jika grape menggunakan 'a' karena kata awalnya 'g' (huruf mati)


Ramon902413

When does lesson 1 finally end?!


middle-earth

I don't think it will end. The new Duolingo always have additional "levels" in every lesson, now. So far I only try until level 3 because there are lots of repetition after that.


ikhsanhida2

Kenapa jawabannya an?


middle-earth

Sebagai tambahan, untuk noun yg dimulai dengan huruf vokal tapi pengucapannya menjadi konsonan maka 'an' tidak digunakan melainkan 'a'

Contoh: Noun: era, karena 'e' diucapkan sebagai vokal maka digunakan 'an' menjadi 'an era' Noun: university, di sini pelafalan 'u' lebih ke 'yu' yg dimulai dengan bunyi konsonan, maka digunakan 'a' menjadi 'a university'


Ukka2

"an" untuk kata benda diawali huruf vokal ( A, I, U, E, O)


mimi937734

maaf nanya.. klo pake a apple itu salah atau gmna..?


PERCE_NEIGE

A apple = always wrong, selalu salah. An apple = always correct, selalu benar.


muhammad.a629225

Kenapa kalau kata memakan salah!apakah harus menggunakan kata makan??


PERCE_NEIGE

"Saya memakan sebuah apel." -> accepted (itu diterima)


NiaNettiUt

An untuk benda mati


AbdMalik7

An digunakan apabila subjekx adalah huruf vokal a,i,u,e,o


PERCE_NEIGE

Bukan subjek, kata bendanya.


Bro203709

Uda bener tu kon


ibrahimgul9

biasanya sebuah itu pake 'a' kok ini 'an' ?


PERCE_NEIGE

Tolong baca penjelasan di halaman ini. Penjelasan dari "middle-earth" atau "Boss.Nia" ...


kayyisaha.

Iya yah susanbanget


PopulerStu

Haha gua nulisnya "A"


Herlislies

I am eat an apple Bantu dong salah terus jawabanku


PERCE_NEIGE

Hanya satu kata kerja dalam 1 kalimat. "Am" adalah kata kerja dan "eat" adalah kata kerja. Bagitu: "I eat" atau "I am". Tidak "I am eat".

Dalam bentuk sekarang kata kerja adalah bentuk tambahan dalam "ing", "I am eating", tapi "I am eat" tidak ada, karena di sini tidak ada "ing". Progresive present = am + kata kerja dengan "ing" = kata kera di dua bagian, selalu dengan "ing".


middle-earth

Karena kalimat Bahasa Indonesia padanannya adalah: "Saya makan sebuah apel", maka bentuk yang diharapkan adalah Simple Present. Sehingga bentuk Bahasa Inggris yang tepat adalah: "I eat an apple".

Kalau menggunakan "to be" (am/is/are), maka kalimat tersebut menjadi dalam bentuk Present Continuous, yang dalam Bahasa Indonesia menjadi: "Saya SEDANG makan apel" atau dalam Bahasa Inggrisnya: "I am EATING an apple". Namun bentuk ini bukan yang ditanyakan di soal.

Semoga membantu


mirnawidar

Perbedaan simple present dan present continuous apa? Bisa minta tolong di jelaskan.. terimalasih


PERCE_NEIGE

Present continuous = dengan "ing", contoh "I am eating", adalah untuk kapan peristiwa ini sedang terjadi sekarang, tepatnya sekarang, saya makan sekarang, bukan makan secara umum... atau tidak kebiasaan, tetapi pada saat yang tepat sekarang.

I eat = kebiasaan atau secara umum. I eat bread every morning.

I'm eating bread right now.


RaihanDoan

Berarti Present Continous sama Progresive Present sama ya bang? Kayak bang From Paris blng


middle-earth

Iya, benar, Raihan. Dua istilah ini merujuk ke hal yang sama -> sedang berlangsung/terjadi.


ekasusanty

Saya bingung..I eat an apple.. saya artikan saya makan sebuah Apple..tapi kok salah sich..?? Bingung aku maaf baru belajar


PERCE_NEIGE

I eat an apple = saya makan sebuah apple = benar dan dianggap oleh Duolingo.


middle-earth

Apple kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia harusnya "apel", mbak. Mungkin karena itu jadi dianggap salah oleh Duolingo


Tini738573

Jadi bagaimana dlm penggunaaan an


PERCE_NEIGE

Hal ini dijelaskan di halaman ini, baca penjelasannya dari "middle-earth".


Hana896212

Trimakasih atas bantuannya


syarifRama

Kan bisa juga pakek (a) artinya sebuah


PERCE_NEIGE

Kamu membutuhkan kuantitas di sini: 1 apel.


amelia477620

Knpa I eat .gk pake kata bntu I am eat atau I'm eat


PERCE_NEIGE

Kamu tidak bisa mengatakan '"I am eat". "Am" adalah kata kerjanya dan "eat" adalah kata kerjanya.

Kamu hanya bisa mengatakan "I am eating", karena kata kerja dalam dua bagian. Progressive present. Am + verb -ing.


Altaf435081

Duolingo bagus untuk pendidikan anak anak tapi agak kurang bagus juga membingungkan sip...


PERCE_NEIGE

Kenapa? Tentang apa?


oscar534406

Jujur saya buta dalam berbahasa inggris


Bayu986913

Salam indo, sebenarnya Dasar 1 itu mudah, malah aku sudah nyampek atribut. Yang terakhir.


ekasusanty

Apa sich jawaban ya salah terus dari tadi pusing aku


Fellyca

Kok aneh saya apel


CintaCanti

Sering salah di kalimat "i eat an" kalo apple nya betul . Itu juga jarang-jarang_~


NikmahAzza

Cara membaca huruf2 inggris bagaimana?


PERCE_NEIGE

What do you mean?


MJamalLudin

kenapa di baca eaden apple bukan eat an apple


Deby717310

I have a "Pen",i have an "Apple" uhhh "Penapple"

I have a "Pen",i have "Pineapple" uhhh "Pineapplepen"

"Applepen","Pineapplepen" uhhh "Penapplepineapplepen"


DonErnestP

Why an becomes sebuah in this sentence?


krisanmariz

the use different articles for different objects like saying a bunch of grapes or a cup of water not just A or An pretty much what i think i understood of.


PERCE_NEIGE

Are you learning Indonesian?

Sebuah is used for things, and Seorang for human beings, to mean a/an.


tajsahaja

Karena "an" itu ganti daripada "a".

Pelajari Bahasa Inggris dalam 5 menit saja sehari. Gratis.