1. Forum
  2. >
  3. Topik: English
  4. >
  5. "Saturday and Sunday"

"Saturday and Sunday"

Terjemahan:Hari Sabtu dan hari Minggu

November 13, 2014

29 Komentar


edgparie

jangan pake ahad. karena tidak semua orang indonesia tahu bahasa arab


icuscantik

Ahad ada di kbbi


moacan

"sabtu dan ahad" should be accepted. sunday = ahad, minggu.


nelwandi

Ahad ada di KBBI, seharusnya benar.


Anissa93_ZoZo_DD

Yang 'Q' tahu Ahad= hari minggu dlm B.arab


SaidUmar2

Minggu adalah nama yang diambil daribahasa Portugis, Domingo yang berarti “hari Tuhan kita”, dan akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, kemudian kata ini dieja sebagai Minggu. Hari tersebut, Bagi salah satu umat yang ada di dunia, yaitu umat Kristen, nama hari Minggu selain diidentikkan dengan Hari Tuhan, juga sebagai hari kebangkitan, hari peristirahatan dan hari untuk beribadahdan pada hari Minggu ini umat gereja memperingati hari Minggu sebagai hari perhentian bagi orang Kristen sekaligus hari peringatan akan kebangkitan Yesus.


DayatAha

ini tidak rasis. sebenarnya kalau kita baca sejarah ke belakang, penamaan hari minggu itu berasal dari portugis. kalau tidak salah dominggo. karena kebiasaan orang indo suka menyingkat nyingkat kata maka timbulah kata kata minggo/minggu


PERCE_NEIGE

Hei orang, tidak posting pesan yang sama. Jika kamu setuju dengan sebuah pesan, cukup upvote.

NOW AHAD IS ACCEPTED.


RidhoIsP

"Hei orang"? "tidak posting pesan yang sama"?

I don't know, but I found it funny... :D (^_^)V


MaruliChan

Hei Teman teman, Jangan posting komentar yang sama. Kalau setuju dengan salah satu komentar tekan aja Upvote.

Hehe... Just to make your sentence more natural. Hehe


commonvoice

Ahad itu nama hari yang baku dalam Bahasa Indonesia namun memang orang-orang umum lebih banyak mengenal hari Minggu, ga usah dipermasalahkan, kalau penamaan 'hari Ahad' anda permasalahkan, apa semua nama-nama hari dibawah ini anda mau permasalahkan juga? Yuk belajar lagi Bahasa Indonesia-nya (termasuk saya juga yang masih banyak kurangnya)

Senin adalah hari kedua dalam satu pekan. Kata Senin atau Isnain diambil dari bahasa Arab yang berarti dua. Selasa adalah hari ketiga dalam satu pekan. Kata Selasa diambil dari bahasa Arab yang berarti tiga. Rabu adalah hari keempat dalam satu pekan. Kata rabu diambil dari bahasa Arab yang berarti empat. Kamis adalah hari kelima dalam satu pekan. Kata kamis atau khamis diambil dari bahasa Arab yang berarti lima. Jumat adalah hari keenam dalam satu pekan. Kata Jumat diambil dari Bahasa Arab, Jumu'ah yang berarti beramai-ramai, diambil dari tata cara ibadah kaum Muslim yang dilakukan pada hari ini. Sabtu adalah hari ketujuh dalam satu pekan atau minggu. Kata Sabtu diambil dari bahasa Ibrani, sabat (שבת "shabat") yang berarti "berhenti bekerja", namun melalui serapan dari bahasa Arab as-sabt. Kata ini memiliki akar sama dengan kata sab'at atau sab'ah yang berarti 7 (tujuh), menunjukkan urutan harinya dalam sepekan. (Huruf t dan h di akhiran dalam bahasa Arab sering dapat dipertukarkan)

Sumber dari id.wikipedia.com


nazizaharp

Lihat kbbi :) ahad juga b.indo.

Karena kata serapannya dari arab dianggap sara ? Hm... ;(


AhmadHasan9

http://kbbi.web.id/Ahad <<<itu di kbbi ada... ahad juga kata baku kok... Jangan kepanasan dulu ya... Kan ketawan jadi bencinya ama arab kan


SaidUmar2

Senin selasa rabu kamis jumat juga bahasa arab, sabtu bahasa ibrani/arab.


Ka_meli_a

Aku pernah baca di sebuah buku bahwa haei Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at, Sabtu, dan Ahad itu berasal dari bahasa Arab semua. Apa itu benar? Mohon dijawab (maaf, masih kelas 6) Tapi, ini kok tiba-tiba nyambung ke pelajaran Agama ya..?


MufidahAch

Bahasa melayu juga pakai ahad untuk minggu.


IdaAyuSriP

Disini hanya pakai bahasa indonesia yg baku kakak...


InnaNurlin

Sudah dibenarkan sama Duo kok, ahad bisa juga


MaruliChan

Let's Study together. Are you learning English? Are you learning Indonesian? Come join Us. Join This Group So we can Study together and have more practices.

Please Klik This Link https://chat.whatsapp.com/6tMkY2fBoXFKSwGDYjQ6jy

Thank you for joining.


Ihsan83749

Ahad = minggu sama saja Yg gara2 gini aja ribut mending kurangin makan yg mengandung micin jdi otaknya kerut


MaruliChan

Let's Study together. Are you learning English? Are you learning Indonesian? Come join Us. Join This Group So we can Study together and have more practices.

Please Klik This Link https://chat.whatsapp.com/6tMkY2fBoXFKSwGDYjQ6jy

Thank you for joining.


MaruliChan

Let's Study together. Are you learning English? Are you learning Indonesian? Come join Us. Join This Group So we can Study together and have more practices.

Please Klik This Link https://chat.whatsapp.com/6tMkY2fBoXFKSwGDYjQ6jy

Thank you for joining.


IMA891138

Sabtu dan Ahad di benarkan


TikaFaradila

Suka kebalik ngucapin tuesday sm thursday he


nelwandi

Tuesday dibaca 'cusdey', tidak ada bunyi huruf 'T' sama sekali. Bunyinya seperti choose-day.

Thursday dibaca 'thesdey', bunyi e schwa di suku kata pertama (seperti 'e' di kata Elang).

Dalam bahasa Inggris di Amerika, Tuesday terdengar seperti 'tuwsdey' (seperti bunyi angka 2/two + sdey), sedangkan Thursday bunyinya 'thersdey'.

Baik dalam bahasa Inggris di Britania dan di Amerika, bunyi Tuesday pakai vokal 'u', sedangkan Thursday pakai vokal 'e schwa'


IdrusUmadi

Baru tau ahad itu minggu tohh hihi


panfryd

orang indo itu kbnyakan micin kali yah, namanya jg belajar salah wajar, terus dikenalin kata baru bukannya bersyukur jd tau, ini malah mnghina dan gak terima, baru tau gw kebodohan bangsa ini, diberi tahu tapi gak terima.... lol malah bawa2 ke agama segala, arab smpe disalahin pula, pdhl di kbbi kata ahad itu hal yg lumrah, kita aja krng piknik, ngga tahu bahasa sendiri.

Pelajari Bahasa Inggris dalam 5 menit saja sehari. Gratis.