1. Forum
  2. >
  3. Topik: English
  4. >
  5. "A mouse and an elephant"

"A mouse and an elephant"

Terjemahan:Seekor tikus dan seekor gajah

March 4, 2015

35 Komentar


achmadmuha

Kalo "an" khusus untuk kata yg diawalnya huruf fokal "a-i-u-e-o" contoh: "an apple", "an umbrella".

Kalo "a" khusus untuk kata yang di awalnya bukan huruf fokal. Contoh: "a mouse"


LourenRenn

So why "A University" not "An University"


haidarahhusain

Karena "university" bacaannya diawali dengan konsonan "yuniversiti". Acuan huruf awalannya itu bukan penulisan, tapi bacaan.


agatha243

Karena kalau a itu untuk huruf mati kalau an untuk huruf hidup


jazzfalsco

A university . Karna university dibaca yuniversity.


HusnulKhat403609

Jadi bukan cuma dari awal hurufnya aja ya? Tapi dari cara menyebutkannya juga?


SamsulFata

Untuk nama benda yg dimulai dgn hrf vokal/hidup maka pakai "an" contoh = apple, elephat, egg dll. Sdgkan utk nama benda yg dimulai dgn huruf konsonan/mati maka pakai "a" contoh = mouse, table, pig, pork dll.


PERCE_NEIGE

You can't say "a pork" though. Contohnya: "I don't eat pork".


hanascheff

Yang pinter speak english add line saya ya hanasch. Saya mau ajak sekaligus belajar speak english. Agar lwbih fasih saja. Makasi


PandithSukasmin

an university atau a university? apakah tergantung dari bunyi katanya?


KimYoungmi4

university itu pakai 'a' karena university dibaca 'yuniversiti' bukan 'universiti'. iya, tergantung bunyi katanya


GitaShinty

Kenapa yang tikus pake "a" dan yg gajah pake "an" ??


haidarahhusain

"A" untuk kata yg dimulai konsonan, "an" untuk kata yg dimulai vokal.

Mouse huruf awalnya m (konsonan), maka digunakan "a". Elephant huruf awalnya "e" (vokal), maka digunakan "an"


RiswandHam

Bagaimana jika ada kata university


haidarahhusain

Penentuan konsonan atau vokal tergantung pengucapan, bukan tulisan.

Contoh:

  1. An honest person. Huruf h di sini tidak diucapkan. Jadi menggunakan "an" bukan "a".

  2. A happy ending. Huruf h di sini diucapkan, jadi menggunakan "a" bukan "an".

Jadi untuk university menjadi "a university". Bandingkan dengan "an unusual habit", sama2 diawali huruf "u" tapi pengucapan berbeda.


BangkitAkb

University pake a soalnya bacanya pake y


Mufti17

Saya baru main ginian teman, sangat membantu sekali..


Oib1

penggunaan kata an itu untuk: a,i,u,e,o


PERCE_NEIGE

"Seekor tikus dan gajah" dan "Seekor tikus dan seekor gajah" = both accepted.

But is one better than the other in Indonesian?


ratih366442

Gajah termasuk seekor kah ?


Fikrilubis1

An animal atau a animal?


PERCE_NEIGE

An animal, an apple, an elephant. A girl, a man, a plane.


PERCE_NEIGE

What is Seekor? The number one? why not sebuah instead?


haidarahhusain

Literally: seekor = one tail.

Ekor is a counting unit for animal. The animal doesn't have to have a tail.

Ex.:

  • dua ekor katak = two frogs.
  • tiga ekor kera = three apes.

SintaOctav

Artinya sama tapi kena gajah pake an yaa???


haidarahhusain

Ya sudah dari sana aturannya begitu, kalau awalannya vokal pakai an kalau konsonan pakai a. Awalan ini tergantung bacanya ya.


NandaYusuf

Berarti boleh gini An elephant and an apple ?? Kan itu huruf hidup semua


GregoriusRonaldo

Kok jawaban saya salah sih min :(


MuhammadRi337272

Ketuker gua an dan and :v

Pelajari Bahasa Inggris dalam 5 menit saja sehari. Gratis.