1. Forum
  2. >
  3. Topik: English
  4. >
  5. "A mouse and an elephant"

"A mouse and an elephant"

Terjemahan:Seekor tikus dan seekor gajah

March 4, 2015

75 Komentar


achmadmuha

Kalo "an" khusus untuk kata yg diawalnya huruf fokal "a-i-u-e-o" contoh: "an apple", "an umbrella".

Kalo "a" khusus untuk kata yang di awalnya bukan huruf fokal. Contoh: "a mouse"


LourenRenn

So why "A University" not "An University"


haidarahhusain

Karena "university" bacaannya diawali dengan konsonan "yuniversiti". Acuan huruf awalannya itu bukan penulisan, tapi bacaan.


agatha243

Karena kalau a itu untuk huruf mati kalau an untuk huruf hidup


jazzfalsco

A university . Karna university dibaca yuniversity.


HusnulKhat403609

Jadi bukan cuma dari awal hurufnya aja ya? Tapi dari cara menyebutkannya juga?


SamsulFata

Untuk nama benda yg dimulai dgn hrf vokal/hidup maka pakai "an" contoh = apple, elephat, egg dll. Sdgkan utk nama benda yg dimulai dgn huruf konsonan/mati maka pakai "a" contoh = mouse, table, pig, pork dll.


PERCE_NEIGE

You can't say "a pork" though. Contohnya: "I don't eat pork".


hanascheff

Yang pinter speak english add line saya ya hanasch. Saya mau ajak sekaligus belajar speak english. Agar lwbih fasih saja. Makasi


AnnisaYola2

Saya juga mau belajar dg chat


PandithSukasmin

an university atau a university? apakah tergantung dari bunyi katanya?


KimYoungmi4

university itu pakai 'a' karena university dibaca 'yuniversiti' bukan 'universiti'. iya, tergantung bunyi katanya


Gitasnty

Kenapa yang tikus pake "a" dan yg gajah pake "an" ??


haidarahhusain

"A" untuk kata yg dimulai konsonan, "an" untuk kata yg dimulai vokal.

Mouse huruf awalnya m (konsonan), maka digunakan "a". Elephant huruf awalnya "e" (vokal), maka digunakan "an"


RiswandHam

Bagaimana jika ada kata university


haidarahhusain

Penentuan konsonan atau vokal tergantung pengucapan, bukan tulisan.

Contoh:

  1. An honest person. Huruf h di sini tidak diucapkan. Jadi menggunakan "an" bukan "a".

  2. A happy ending. Huruf h di sini diucapkan, jadi menggunakan "a" bukan "an".

Jadi untuk university menjadi "a university". Bandingkan dengan "an unusual habit", sama2 diawali huruf "u" tapi pengucapan berbeda.


BangkitAkb

University pake a soalnya bacanya pake y


Mufti17

Saya baru main ginian teman, sangat membantu sekali..


Oib1

penggunaan kata an itu untuk: a,i,u,e,o


ratih366442

Gajah termasuk seekor kah ?


gungsrii

Udah bener jawabnya malah disalahin


Fikrilubis1

An animal atau a animal?


PERCE_NEIGE

An animal, an apple, an elephant. A girl, a man, a plane.


CloverDeLo

Vocal and ama an gimana sih? Kok pas disentuh sama ama nyebutin ean


SalsabilaT646717

Kalo "end" ngomong "e" nya kaya di kata "erupsi", Kalo "an" ngomong "e" nya kaya di kata "mengisi"


RamadhanRi1

Let us learn together with me at my club : NZPQYX


PERCE_NEIGE

What is Seekor? The number one? why not sebuah instead?


haidarahhusain

Literally: seekor = one tail.

Ekor is a counting unit for animal. The animal doesn't have to have a tail.

Ex.:

  • dua ekor katak = two frogs.
  • tiga ekor kera = three apes.

PERCE_NEIGE

"Seekor tikus dan gajah" dan "Seekor tikus dan seekor gajah" = both accepted.

But is one better than the other in Indonesian?


SintaOctav

Artinya sama tapi kena gajah pake an yaa???


haidarahhusain

Ya sudah dari sana aturannya begitu, kalau awalannya vokal pakai an kalau konsonan pakai a. Awalan ini tergantung bacanya ya.


NandaYusuf

Berarti boleh gini An elephant and an apple ?? Kan itu huruf hidup semua


Sl1597

Boleh an untuk yang berawalan huruf vokal (a i u e o) tapi bisa juga untuk yang berawalan konsonan. Misalnya an hour, karena cara baca hour diatas Awer jadi, boleh pake an. Kesimpulan nya, lihat juga cara bacanya


GregoriusRonaldo

Kok jawaban saya salah sih min :(


MuhammadRi337272

Ketuker gua an dan and :v


fatonah18

Jawab sudah benar tapi masih disalah kan


Fightone

Dikit lagi aku sudah bisa, tapi kok gk di benerin, heh...


nabila61777

kalau tulisannya "and an" itu bacanya gimana ya?


RhedaErnes

Ada yang jawab bener tapi di bilang salah ga?


ArisP.1

Thanks you welcome


Rahmazahra4

Apa bedanya a dan an


DinaDina536592

Alamak..gue salah mulu ketik nya


VMINKOOK354

"A mouse and an elphant" yang artinya seekor tikus dan seekor gajah kalo kata "an" khusus kata yg diawal huruf lokal "a-i-u-e-o" contoh "an apple", "an umbrella".

Kalo "a" khusus untuk kata yang diawalnya bukan huruf fokal.


NauraMarsy

こんにちは私の名前はmarsyaです


NauraMarsy

hello my name is marsya


genius_min

audionya ga kedengeran, hehe


netharl

I am not win ooh surave dont win excpet the doulingo crize haha good fine work it is the mani is line


netharl

Thi is not why not 19 and sep not she gogle not shernt co ngak ngelek co ff anjir tolol co anjing ngelek


netharl

Thi is not why not 19 and sep not she gogle not shernt co ngak ngelek co ff anjir tolol co anjing ngelek

Pelajari Bahasa Inggris 5 menit saja sehari. Gratis.